Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan

Balai Pengelolaan Museum Negeri Sri Baduga

Alamat : Jl. BKR No.185, Bandung, Jawa Barat 40243

Telepon : (022) 5210976 - Faksimili : (022) 5223214

Email : email@museumsribaduga.jabarprov.go.id

- DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-72 "INDONESIA KERJA BERSAMA" -

Berita Terkini

  • Pameran Usaha Provinsi Jawa Barat

    Posted on Dec 11, 2016

    Terima kasih kepada penyelenggara Pameran Usaha Provinsi Jawa Barat. Balai Pengelolaan Museum Negeri Sri Baduga menyampaikan Album foto kenangan selama kegiatan berlangsung. Sahabat Museum Sri Baduga dapat meilhat dan menyimpan foto kenangan tersebut. - Museum di hatiku - ( Read More )

  • Museum Jabar Sambut Baik Hibah Artefak dari Belanda

    Posted on Dec 06, 2016

    Pemerintah Belanda berniat mengembalikan 1.500 artefak koleksi Museum Nusantara di Kota Delf pada Indonesia. Pengembalian artefak tersebut dikarenakan Museum Nusantara di Kota Delf akan ditutup. ( Read More )

  • KUNJUNGAN PESERTA SEMINAR TENTANG DALUANG

    Posted on Nov 28, 2016

    Dalam rangkaian acara “Beaten Bark Exhibition - Hidden Treasure: Fuya, Tapa, Daluang” yang dilaksanakan oleh Museum Tekstil Jakarta 2-30 November 2016, pada tanggal 4 November 2016 para peserta seminar (yang berlangsung tanggal 3 November 2016) mengunjungi Museum Negeri Sri Baduga untuk melihat koleksi naskah yang terbuat dari daluang. Peserta seminar yang berasal dari berbagai negara di antaranya Prof. Isamu Sakamoto, Drs. René Teijgeler (Ahli Antropologi Budaya dan Arkeologi Belanda – Ahli Konservasi), Dr. Chi-Shan Chang (National Museum of Prehistory, Taiwan), mahasiswa, dan para pemerhati kulit kayu berkesempatan melihat koleksi naskah di ruang penyimpanan dan memberikan masukan tentang cara penyimpanan naskah serta memberi masukan tentang kondisi ruangan yang ideal untuk koleksi kertas/naskah agar tetap terjaga keutuhan kertas dan tintanya. ( Read More )

  • Kunjungan Ahli Konservasi Kertas Jepang

    Posted on Nov 25, 2016

    Pada tanggal 19 dan 20 Oktober 2016, Museum Negeri Sri Baduga kedatangan Prof. Isamu Sakamoto. Beliau adalah pengajar di Universitas Surugadai, Tokyo, Jepang. Selain itu, beliau adalah Konservator, ahli pengawetan dan rekonstruksi kertas. Kedatangannya ke Indonesia bukan yang pertama kali, sebelumnya beliau juga turut serta merekontruksi dokumen-dokumen yang rusak akibat tsunami Aceh. Kedatangannya kali ini ke Indonesia berkaitan dengan pameran tentang kulit kayu di Museum Tekstil, Jakarta. Mereka berniat memamerkan produk-produk yang dihasilkan dari kulit kayu, salah satunya naskah kuno yang terbuat dari daluang. ( Read More )

  • Mahasiswa Jepang Berkunjung Ke Museum Sri Baduga

    Posted on Sep 23, 2016

    Kamis, (22/09/2016) Universitas Kanazawa Jepang Program Pasca Sarjana dalam Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia yang fokus pada pemanfaatan sumber daya budaya di seluruh Dunia mengadakan Field Trip ke Museum Sri Baduga. Tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengetahui transformasi/perubahan budaya di Indonesia terutama Budaya Sunda. Beberapa koleksi menyajikan informasi mengenai sejarah dan kebudayaan sunda serta kesenian dari daerah Jawa Barat. ( Read More )

Video

Kepala Balai Pengelolaan Museum Negeri Sri Baduga


Dra Ester Miori Dewayani MMPd
NIP : 19650816 199403 2 003

Profil Pejabat Dinas

Statistik Web

Jumlah Pengunjung :

Alamat IP Anda

Paduan Suara

Museum di Hatiku